ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN DAN FILSAFAT YANG MENAUNGINYA

Authors

  • Ernayenti STAI Balaiselasa

Keywords:

Aliran-Aliran; Pendidikan; Filsafat

Abstract

Pembentukan dan penyempurnaan kualitas manusia dalam dunia pendidikan selalu
berkaitan dengan persoalan proses pemanusiaan yang mengarah pada perbaikan dan
kemajuan, sehingga transformasi sosial dan budaya yang mengarah pada kemajuan peradaban
suatu bangsa dan negara tergantung pada orientasi, sistem, dan strategi yang ditempuh
lembaga pendidikan, utamanya pendidikan formal yang lebih terencana, terprogram dan
tertata secara rapi ke arah tujuan yang diinginkan. Lahirnya aliran-aliran dalam filsafat
pendidikan pun selalu didasarkan atas keinginan menciptakan manusia-manusia ideal melalui
jalur pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aliran aliran pendidikan dan
filsafat yang menaunginya (rekonstruksionalisme, progresivisme, esensialisme dan
perenialisme) mulai dari mengetahui sejarah berdirinya aliran filsafat, tokoh tokohnya serta
ajaran dan pandangan dari aliran filsafatnya. Penelitian ini dengan menggunakan penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan library research yang pada kajian dan telaah teks.
Ini dilakukan karena sumber data yang digunakan adalah berupa data literatur. Penelitian
pustaka ini adalah menjadikan bahan pustaka menjadi sumner data utama. Dari hasil
penelitian ini, penulis menemukan ada empat aliran filsafat yang menaungi pendidikan yaitu
rekonstruksionalisme, progresivisme, esensialisme dan perenialisme. Dari empat aliran
filsafat ini kita harus mengetahui sejarah berdirinya aliran filsafat, tokoh tokohnya serta
ajaran dan pandangan dari aliran filsafatnya

Downloads

Published

2022-08-29