IMPLIKASI FILSAFAT PENDIDIKAN SEBAGAI LANDASAN BAGI ILMU PENDIDIKAN
Keywords:
pedagogic, pendidikanAbstract
Kegiatan pendidikan bukanlah sekedar gejala sosial yang bersifat rasional
semata mengingat kita mengharapkan pendidikan yang terbaik untuk bangsa
Indonesia, lebih-lebih untuk anak-anak kita masing-masing; ilmu pendidikan
secara umum tidak begitu maju ketimbang ilmu-ilmu sosial dan biologi tetapi
tidak berarti bahwa ilmu pendidikan itu sekedar ilmu atau suatu studi terapan
berdasarkan hasil-hasil yang dicapai oleh ilmu-ilmu sosial dan atau ilmu
perilaku.Tanpa teori dalam arti seperangkat alasan dan rasional yang konsisten
dan saling berhubungan maka tindakan-tindakan dalam pendidikan hanya
didasarkan atas alasan-alasan yang kebetulan, seketika dan aji mumpung. Hal
itu tidak boleh terjadi karena setiap tindakan pendidikan bertujuan menunaikan
nilai yang terbaik bagi peserta didik dan pendidik. Bahkan pengajaran yang
baik sebagai bagian dari pendidikan selain memerlukan proses dan alasan
rasional serta intelektual juga terjalin oleh alasan yang bersifat moral.
Kemanfaatan teori pendidikan tidak hanya perlu sebagai ilmu yang otonom
tetapi juga diperlukan untuk memberikan dasar yang sebaik-baiknya bagi
pendidikan sebagai proses pembudayaan manusia secara beradab. Oleh karena
itu nilai ilmu pendidikan tidak hanya bersifat intrinsic sebagai ilmu seperti seni
untuk seni, melainkan juga nilai ekstrinsik dan ilmu untuk menelaah dasar-
dasar kemungkinan bertindak dalam praktek melalui kontrol terhadap pengaruh
yang negatif dan meningkatkan pengaruh yang positif dalam pendidikan.
Dengan demikian ilmu pendidikan tidak bebas nilai mengingat hanya terdapat
batas yang sangat tipis antar pekerjaan ilmu pendidikan dan tugas pendidik
sebagi pedagogi.